Mencicipi Berbagai Jajanan dan Kuliner Khas Vietnam
Published :

S
etiap negara tentunya memiliki banyak sekali jenis makanan dari makanan berat hingga jajanan, tak terkecuali dengan Vietnam, bahkan di Vietnam ini Kuliner Khas Vietnam sering kali merupakan satu makanan yang sama namun disajikan dengan dua gaya yang berbeda; gaya utara dan juga selatan.

Beef noodles (Phở bò)

Makanan favorit No.1 di Vietnam dan yang paling terkenal di luar Vietnam. Mie dengan daging ini berasal dari Vietnam Utara, namun berkembang pula di Selatan sejak lama, itu sebabnya ada “phở” dalam dua gaya yang berbeda: utara dan selatan.

Menurut beberapa foodies, di Sai Gon selain dua gaya utara dan selatan, di Vietnam masih memiliki beberapa “gaya” lainnya dalam mengolah “phở” ini. Phở yang baik harus memiliki tiga komponen utama: sup, daging sapi dan mie!

Broken rice (Cơm tấm)

Cơm tấm atau broken rice ini juga menjadi makanan favorit. Namun sebaiknya Anda jangan pernah mencoba Cơm tấm di Duong Vuong atau Kiều Giang karena rasanya jauh dari yang terbaik, terlalu komersial! Mereka menyajikan dengan begitu banyak piring untuk Cơm tấm ini dan entah bagaimana membuat beras rusak sehingga kehilangan rasa tradisionalnya.

Cơm tấm merupakan makanan Vietnam yang berbahan dasar beras yang memiliki aroma khas dibumbui saus ikan, rasanya sedikit manis, sedikit asin, serta saus ikan pedas dengan cara diaduk dalam minyak yang sudah dicampur dengan bawang yang dicincang halus.

Sticky rice (Xôi)

Sticky rice Ini merupakan hidangan sarapan besar yang memberikan dorongan energi tambahan. Mirip dengan beef noodles, sticky rice juga memiliki dua gaya penyajian: gaya utara dan selatan yang sangat berbeda.

Misalnya, beras ketan jagung (xôi bắp) dalam gaya utara sangat berbeda dari selatan. Sticky rice sendiri dapat disajikan dengan rasa manis dan asin.

Dan yang menjadi favorit adalah sticky rice yang diberi campuran jagung ala Vietnam utara (xôi bắp), yang membuat sticky rice manis ini lezat adalah : jagung yang lembut dimasak lalu dicampur dengan ketan, kemudian di atasnya ditambahkan kacang hijau hijau, bawang merah goring yang lezat, dan gula.

Dan yang menjadi favorit lainnya adalah sticky rice asin (xôi mặn) yang diberi udang kering, sosis China, kemudian diaduk dengan minyak yang telah dicampur daun bawang, lalu dibumbui dengan saus kedelai.

Saigon baguette (Bánh mỳ Sài Gòn)

Seperti Beef noodles, saigon baguette (Bánh mỳ Sài Gòn) juga merupakan hidangan yang paling terkenal di luar Vietnam, sesuatu yang menjadi makanan yang diburu oleh para turis dari luar Vietnam.

Tempat terbaik untuk mencicipi makanan ini adalah di Sai Gon, Anda harus tahu tempat untuk mencicipi makanan ini, karena tidak setiap tempat dapat menyajikannya dengan rasa terbaik. Sebuah saigon baguette yang baik harus disajikan selagi hangat dan renyah, serta diisi dengan berbagai macam sayuran dan daging.

Isi dari saigon baguette terdiri dari beberapa macam ham babi Vietnam, pasta hati (pâté gan), sayuran (mentimun, ketumbar, daun bawang, cabai …) dan bumbu berasa asam (đồ chua) yang terbuat dari serpihan acar wortel dan lobak putih!

Rice noodles (Bún)

Ada beberapa macam cara dalam membuat rice noodles ini. Di Sai Gon merupkan tempat populer yang dapat menyajikan makanan ini dengan rasa terbaik. Ada beberapa macam rice noodles ini, yaitu bún thịt nướng (nasi mie dengan daging babi panggang), bún riêu (nasi mie dengan sup kepiting asam), bún chả giò (nasi mie dengan isi lumpia goreng).

Namun yang menjadi favorit adalah dua jenis ini : bún thịt nướng untuk bihun disajikan tanpa kategori sup dan bún riêu untuk mie beras yang disajikan dalam kategori sup!

Tidak berlebihan jika makanan ini sangat populer di Saigon, sama seperti mie daging sapi tradisional, Anda dapat menikmati Bun Bo Hue ini untuk sarapan, makan siang atau bahkan makan malam! Yang menjadi rasa khas dari makanan ini adalah terasi Huế khusus (ruốc Huế) dan serai yang ditambahkan ke dalam sup selama memasak!

Roll cake (Bánh cuốn)

Lagi dan lagi Roll cake pun memiliki dua gaya sajian yang berbeda; ada roll cake dalam gaya utara, diisi dengan daging babi (bánh cuốn nhân thịt) dan roll cake dengan gaya selatan yang disebut bánh ướt (kue basah!).

Keduanya terbuat dari beras, dikukus dan disajikan dengan rasa manis, saus ikan pedas, ham dan tauge pucat, serta tambahan daun herbal. Keduanya merupakan makanan populer, namun roll cake dengan gaya selatan (bánh ướt) lebih populer sebagai jajanan di Sai Gon.

Papaya salad with pork liver (gỏi bò)

Papaya salad with pork liver merupakan makanan ringan favorit dan Anda akan merasa rugi jika tidak mencobanya! Gỏi bò ini menjadi salah satu makanan ringan yang paling populer di kalangan pemuda, dan tak terkecuali remaja sekolah.

Gỏi bò Terbuat dari pepaya muda, disajikan dalam saus pedas asam-manis, dengan topping kacang panggang, kemangi Vietnam, kerupuk udang dan hati sapi yang paling penting atau paru-paru yang telah direbus dengan bumbu rahasia, aromatik saus manis yang berwarna gelap dengan rempah-rempah yang khas!

Big noodles (Bánh canh)

Bánh canh ini bentuknya seperti “udon” dari Jepang karena ukurannya yang jumbo nya! Bánh canh atau udon Vietnam ini memiliki variasi cukup besar, tergantung pada daerah. Di Selatan terdapat Bánh canh dengan daging babi (bánh canh giò heo), atau dengan kepiting (bánh canh cua) yang sangat terkenal.

Kemudian di Utara terdapat banh canh dengan kepiting bunga (bánh canh cá lóc) . Bánh canh dengan daging kepiting, dimasak bumbu cabai segar, serta perasan air jeruk nipis, semua itu membuat Bánh canh menjadi makanan yang sangat lezat.

Yellow noodles

Yellow noodles sendiri merupakan makanan khas dari Cina, tapi hidangan ini sudah menemukan rumah di Vietnam, mungkin seratus tahun yang lalu! Tentu saja yellow noodles versi Vietnam memiliki rasa yang khas dan berbeda dari yellow noodles versi Beijing atau pun Hongkong.

Yellow noodles dapat dinikmati sebagai sarapan atau malam makan. Yellow noodles versi Vietnam ini disajikan dengan seafood yang berkualitas baik, ayam, babi atau pun bisa campuran antara ketiganya serta disajikan dengan sup dengan rasa yang khas dari Vietnam.

Fresh spring roll (Gỏi cuốn)

Jika berbicara tentang Gỏi cuốn di Vietnam, makanan ini juga merupakan jajanan yang paling populer dari kalangan lumpia lainnya.

Gỏi cuốn merupakan makanan yang digulung dengan kulit lumpia yang terbuat dari beras, diisi dengan bihun, sayuran, daging babi yang dimasak (thit heo Luoc) dan udang yang dimasak, lalu disajikan dengan saus kecap manis yang dicampur dengan kacang panggang cincang!