Brac; Pulau Indah Nan Kaya, Dalmatia-Kroasia
Published :

B
rac merupakan pulau terbesar di Dalmatia dengan luas 150 mil persegi (394 km persegi) dalam ukuran (terbesar ketiga di Adriatik) dan merupakan salah satu pulau dengan cuaca yang paling cerah karena sinar matahari sebanyak 2.700 jam setiap tahunnya.

AGUSTUS >
Selain dekat dengan daratan, khususnya kota Split, pulau ini juga sangat mudah dijangkau. Brac dikenal sebagai tempat memancing terbaik yang akan menjadi surga bagi para pemancing serta wilayah penghasil produk pertanian yang baik. Penduduk setempat juga terkenal dengan produksi anggur yang baik, minyak zaitun, buah ara, nektarin, dan buah-buahan lainnya.

Ekspor utama Brac adalah batu yang sudah ada sejak zaman kuno, batu dari Brac ini telah banyak digunakan untuk pembangunan bangunan-bangunan penting di dunia, termasuk Gedung Putih di Washington DC, Berlin Reichtag, dan Katedral Liverpool, serta Diocletian Palace di Split dan katedral di Trogir.

Resor utama adalah Supetar, Bol yang merupakan rumah bagi salah satu pantai paling terkenal di Adriatik, Golden Horn (Zlatni Rat)-Supetar, Sutivan, Milna dan Sumartin.

Berjalan-jalan di Brac

Jika Anda tidak memiliki atau menyewa mobil, bus adalah cara terbaik untuk berjalan-jalan di pulau ini. Bus memiliki rute perjalanan ke semua resor dan kota-kota besar di Brac. Jika ingin naik bus untuk berjalan-jalan, jangan lupa untuk memeriksa informasi jadwal di stasiun bus terdekat di tempat Anda menginap

Beberapa jadwal bus dapat dilihat pada situs Autotrans, perjalanan dari Bol ke Supetar memakan waktu 55 menit hingga 1 jam 10 menit (tergantung jumlah perhentian di sepanjang jalan). Di musim panas, rute ini beroperasi di sekitar 10 kali sehari, tempat-tempat perhentian bus ini biasanya di Praznica, Pucisca, Postira, Splitska, Njive dan Nerezisca.

Cara menempuh Brac

Tidak diragukan lagi bandara terdekat ke pulau Brac adalah Split , dan merupakan bandara terbaik dan besar dengan jumlah penerbangan yang memadai

Brac, yang terletak di dekat resor Bol ini hanya buka dari sekitar akhir Maret sampai akhir Oktober setiap tahun, ada beberapa rute yang dijadwalkan ke bandara sehingga tidak dapat sembarang waktu dapat pergi ke sana. Croatia Airlines mengoperasikan penerbangan, sekali dalam seminggu, pada hari Sabtu, dari Zagreb ke Brac selama musim panas.

Karena kedekatannya dengan daratan dan Split khususnya, Brac adalah salah satu pulau yang paling mudah diakses di Adriatik Kroasia dengan rute ke beberapa kota-kota utama. Feri merupakan alat transportasi yang paling sering beroperasi ke Brac dengan perjalanan waktu tempuh 50 menit yang juga bisa menjadi alternatif lain untuk menempuh Pulau terbesar di Dalmatian ini. Frekuensi perjalanan Feri dari Split ke Supetar di utara pulau akan meningkat selama musim panas.