Lofoten; Eksotisme dan Panorama Alam Norwegia
Published :

L
ofoten dikenal sebagai tempat yang memberikan atraksi alam yang sangat baik dengan desa-desa kecil di sekitarnya yang kaya akan tradisi dan sejarah. Anda bisa mendayung kayak (perahu kecil) di antara pulau, memancing ikan, atau mencari elang laut yang melonjak di langit memberikan sensasi yang seakan menjerat hidup Anda.

Lofoten memiliki hubungan yang kuat dengan Viking dan di sini ada Lofotr, Museum Viking dimana Anda dapat merasakan sensasi Zaman Viking sesungguhnya.

Di Borg, arkeolog bahkan telah menemukan rumah Viking terbesar yang pernah ditemukan dari era ini. Bangunan sepanjang 83 meter ini telah direkonstruksi sebagai museum hidup.
Gulf Stream yang hangat, menjadikan Lofoten memiliki iklim lebih ringan daripada bagian lain dari dunia pada garis lintang yang sama. Antara akhir Mei dan pertengahan Juli Anda dapat mengalami matahari tengah malam, sementara cahaya utara dapat dilihat dari bulan September sampai pertengahan April.

Memancing adalah alasan mengapa orang memilih tetap tinggal di sini dan wilayah ini dikenal banyak desa-desa nelayan kecil. Di sini, Anda dapat tinggal di Rorbu—kabin sebuah nelayan tua—dan makan ikan asin, terbuat dari ikan kod yang bertelur. Ikan merupakan bahan dasar dalam banyak hidangan makanan yang disajikan di restoran lokal kawasan ini.
Cuaca yang berubah dengan cepat dan kondisi cahaya yang megah telah menginspirasi dan memikat para seniman untuk menetap daerah ini selama beberapa dekade, yang jelas terlihat dalam galeri seni dan banyaknya pameran foto.

Hal-Hal yang Dapat Anda Lakukan

Temukan pengalaman laut megah di Kepulauan Lofoten! Satwa liar yang kaya di kawasan ini memiliki daya pikat tersendiri bagi pengunjung selama berabad-abad. Jika Anda beruntung, Anda dapat melihat elang laut, serta varietas besar dari kehidupan burung di perjalanan ke Trollfjord.

Di sini pengunjung berkendara melalui selat Øyhellsundet ke Trollfjord yang spektakuler. Pengunjung dapat melihat situs bersejarah, pantai berpasir putih dan salah satu fyord paling dramatis dari Norwegia. Selain itu, para wisatawan dapat mengunjungi perburuan paus pulau Skrova dengan pelabuhan yang menawan.
Semua penumpang akan dilengkapi dengan perlengkapan perjalanan laut. Sebaiknya anda mengenakan pakaian hangat dan beberapa pakaian sebagai lapisan dasar di bawahnya dan tentu saja anda harus mengenakan sepatu yang ‘baik’ untuk berpetualang.

Tur akan berjalan dengan minimal 5 orang. Namun, terkadang, perjalanan rute tersebut dapat berubah atau dibatalkan tergantung kondisi iklim.

Tur keberangkatan dimulai dari pusat Svolvær setiap hari sepanjang musim panas pukul 09:30, 11:30 dan 14:00 dari Juni-Agustus. Rabu-Sabtu pukul 11.30 dari Oktober-Juni

Anda mungkin tertarik untuk bermain golf di tempat ini. Tenang, karena ada lapangan golf indah terletak di tepi lautan, menghadap utara dengan kehangatan matahari tengah malam.
Clubhouse dengan kafe, bar, pro shop, fasilitas penyewaan peralatan golf dan ruang rapat. Apartemen dan kabin tersedia untuk disewa. Lapangan golf dan sarana kegiatan untuk kelompok dan individu sepanjang musim, terutama dari April sampai Oktober

Bagaimana dengan bersepeda? Dengan bersepeda Anda dapat menelusuri rute dari Svolvær ke Å berjalan melalui dusun nelayan yang indah dan kota-kota, seperti Henningsvær (yang disebut ‘Venicenya Lofoten’), Nusfjord, Reine dan Sakrisoy.
Anda akan menemukan siklus pemukiman masa Zaman Batu, boathouses tua, golf utara di dunia, sebuah museum boneka dan galeri seni yang tak terhitung. Anda perlu memiliki mata dan telinga terbuka dan mengambil waktu untuk mengunjungi beberapa dari banyak atraksi sepanjang jalan. Sebuah perjalanan sepeda mengelilingi Lofoten akan memberikan Anda kenangan yang tak terlupakan!
Lofoten penjelahan wilayah perairan dengan kayak dengan panduan sepanjang tahun melalui Program yang telah disetujui oleh BCU(British Canoe Union) dan NPF(National Planning Framework)

Anda dapat mendayung sepanjang hari dan menjelajahi Alpen Raftsundet dengan fyord misterius dalam dan sempit di bawah serta menjulang dengan puncak yang berkilauan tertutup salju, atau menelusuri laut terbuka di sekitar pulau-pulau kecil; tempat yang sempurna untuk menonton burung, mamalia laut dan arus laut yang membuat kompleks lingkungan sekitar pulau-pulau ini di pantai Atlantik Utara.

Cara Menempuh Tempat Ini

Dengan pesawat:

Ada banyak penerbangan rutin dari semua kota-kota besar di Norwegia bandara Bodo, Harstad / Narvik, Svolvær Bandara, Leknes dan Rost Airport.

Waktu penerbangan dari Oslo ke Bodo adalah sekitar satu jam dan tiga puluh menit, dan tambahan 20-30 menit dari sana ke Lofoten.

Ada juga layanan helikopter antara Bodø dan Værøy.

Dengan mobil:

Jika Anda memilih untuk pergi dengan mobil, ada beberapa pilihan untuk menempuh Lofoten.

Jika Anda tiba dari utara, sekarang ada koneksi perahu bebas antara daratan dan Lofoten, berkat sistem jalan baru di daerah tersebut.

Ada bus umum setiap hari dari Narvik, Bodø dan Harstad untuk ke Svolvær.

Dengan kereta api:

Ada kereta setiap hari sepanjang tahun antara Stockholm, Kiruna dan Narvik. Dari sana, Anda dapat naik bus ke Lofoten.

Ada juga kereta dari Oslo, melalui Trondheim dan Fauske ke Bodo. Dari Trondheim, kereta memakan waktu sekitar 10 jam menuju Bodo.

Dengan kapal laut:

Kapal laut penumpang Ekspres dijadwalkan setiap hari sepanjang tahun antara Bodø, Svolvær dan Værøy.

Ada feri mobil dari Bodo ke beberapa tempat di Lofoten, dan antara beberapa pulau sendiri.

Tempat Menginap

Ada beberapa alternatif tempat tinggal sementara, jika Anda di sini berkunjung ke tempat ini di antaranya:

Svinoya Rorbuer

Svinoya Rorbuer terletak di pusat pelabuhan Svolvær. Pulau ini memiliki akes jembatan yang dapat ditempuh dengan jarak berjalan kaki dari pusat kota.
Terdapat 30 rorbu kabin dengan standar yang tinggi dan dibangun dengan mempertahankan bentuk aslinya. Setiap kabin memiliki satu sampai tiga kamar tidur ganda, dapur yang lengkap, dan kamar mandi modern dengan shower dan toilet.

The rorbu Kabin idyllically terletak di antara stasiun pendaratan ikan, bangunan dermaga, rak ikan tradisional, dan bangunan lokal lainnya. Di sini, Anda dapat menikmati laut di satu sisi, dan pegunungan Lofoten spektakuler di sisi lain.

Perikanan masih mendominasi wilayah ini, dan Perikanan Lofoten Cod selalu membentuk dasar dari eksistensi bagi masyarakat di sini. Anda memiliki kesempatan untuk mengamati kegiatan ini dari dekat di Svinoya. Hal tersebut dapat memberikan sebuah pengalaman yang mengesankan. Tempat ini menawarkan Anda tempat tinggal yang nyaman, dengan petualangan Lofoten di depan pintu Anda!

Anker Brygge

Tempat tinggal alternatif lainnya adalah Anker Brygge, salah satu resor terbaik Lofoten untuk akomodasi, rekreasi, makanan dan petualangan. Letaknya hanya 200 meter dari kota Svolvær

Anda juga dapat menikmati makanan lezat dengan rasa lokal di restoran yang terletak di resor ini “Kjøkkenet”, dan suasana bar di dermaga.

Di sini juga Anda dapat menikmati pemandangan pelabuhan, laut, dan pegunungan yang megah.

Lofoten Værøy Brygge

Tempat tinggal alternatif selanjutnya adalah Lofoten Værøy Brygg. Tempat ini memiliki 13 kamar hotel, 1 apartemen, dua
pondok nelayan besar dengan kapasitas hingga 18 tempat tidur dan 5 rorbu suite (kamar suite).

Total kapasitas tempat tidur 61 pcs. Lofoten Værøy Brygge memiliki fasilitas konferensi untuk lebih dari 60 peserta, Pub dan restoran lisensi penuh.

Sebuah pilihan terakhir adalah banyak pulau kecil di “inner side” dari Lofoten dengan kelimpahan yang sama dari aktivitas alam dan pemandangan daratan Norwegia.

Tersedia perjalanan sepanjang tahun—dengan panduan. Instruksi dan pelatihan yang disediakan, diberikan dengan prioritas keamanan sepenuhnya.
Jika Anda sedang mencari pengalaman alam yang tak terlupakan, Lofoten pasti tidak akan mengecewakan Anda. Karena lanskap daerah yang beragam, selain yang telah disebutkan sebelumnya, di sini Anda dapat melakukan berbagai kegiatan dari mulai hiking, bermain ski, memancing, arung jeram laut hingga scuba diving. Lofoten juga merupakan salah satu situs terbaik Norwegia untuk berselancar.