Steve McCurry, Icon Fotografi Kontemporer
Published :

A
pa yang penting untuk saya adalah gambar individu. Pekerjaan saya memotret kisah dan tentu saja mereka harus disatukan secara koheren. Tapi yang paling penting adalah bahwa setiap gambar berdiri sendiri, dengan tempat dan perasaannya sendiri.— Steve McCurry

Selama lebih dari tiga puluh tahun, Steve McCurry diakui untuk karya fotografinya yang dinilai mampu menangkap esensi dari kehidupan manusia.

Secara universal, pria yang lahir di pinggiran kota Philadelphi 23 April 1950 ini sering disebut sebagai salah satu icon dalam fotografi kontemporer.

Karyanya menjadi buruan majalah-majalah terkenal, bahkan sudah langganan menjadi cover majalah dan sampul buku. McCurry juga telah banyak menerbitkan karyanya itu dalam bentuk buku, serta sejumlah pameran yang tak terhitung jumlahnya.

Titik Balik dalam kehidupan Steve McCurry terjadi saat ia berangkat ke India. Setelah lulus cum laude dari Sekolah Tinggi Seni dan Arsitektur di Pennsylvania State University. McCurry yang sempat bekerja di sebuah surat kabar lokal selama dua tahun itu memutuskan untuk mengunjungi India.

Di India, McCurry belajar untuk menyaksikan dan menunggu kehidupan. Menurutnya: “Jika Anda menunggu, orang akan lupa kamera Anda dan jiwanya akan melayang menjadi tampilan.”

Sejak itu, McCurry telah berjalan melintasi benua dan menjelajahi dunia dengan kameranya. Pergi untuk membuat gambar yang menggugah dan tak terlupakan di hampir enam benua dan di banyak negara.

Tema-tema karyanya mencakup masalah kehidupan, konflik, budaya yang hilang, tradisi kuno, budaya kontemporer, dll. Namun McCurry seakan selalu mempertahankan unsur manusia sebagai citra utamanya.

“Sebagian besar gambar saya didasarkan pada manusia. Saya mencari saat yang tak dijaga, ketika esensi jiwa muncul ke luar, pengalaman akan tergores di wajah seseorang,” kata pria yang terkenal di dunia lewat foto ‘Afghan Girl’ itu.

McCurry memang telah banyak meliput daerah-daerah konflik—internasional maupun perang saudara—termasuk Beirut, Kamboja, Filipina, Perang Teluk, di wilayah bekas Yugoslavia, Afghanistan, dan Tibet.

Karya McCurry tidak hanya menunjukkan kondisi perang pada lanskap, melainkan ia mengambil fokus pada konsekuensi manusianya, tepatnya pada wajah manusia.

“Saya mencoba untuk menyampaikan apa rasanya menjadi orang itu, orang yang terjebak dalam lanskap yang lebih luas, Anda bisa menyebutnya sebagai kondisi manusia” ungkapnya.

Karir McCurry mulai mencuat ketika ia menyeberangi perbatasan Pakistan ke Afghanistan yang dikuasai pemberontak sebelum invasi Rusia. Foto-fotonya kemudian diterbitkan di seluruh dunia sebagai salah satu suara yang pertama kali menunjukkan terjadi konflik di wilayah itu

Atas karyanya tersebut McCurry diganjar ‘Robert Capa Gold Medal’ sebagai Laporan Fotografi terbaik dari luar negeri, penghargaan yang didedikasikan untuk para fotografer yang memamerkan keberanian luar biasa.

McCurry juga telah dianugerahi beberapa penghargaan paling bergengsi lainnya termasuk ‘National Press Photographers Award’, ‘Magazine Photographer of the Year’, ‘Olivier Rebbot award’, ‘World Press Photo Award’ dan masih banyak lagi.

Tips Komposisi Foto dari Steve McCurry

Komposisi adalah hal dasar dalam dunia fotografi; pengetahuan yang harus anda miliki dan terkadang berlaku umum bagi mereka yang menggeluti fotografi. Tetapi Anda juga tidak harus saklek untuk sangat mempertimbangkannya. Yang terpenting, menurut Steve McCury, adalah anda menikmati apa yang anda lakukan.

Premis dasar belajar komposisi adalah membagi frame fokus kamera menjadi beberapa bagian dengan menggunakan garis-garis pada bidang foto. Cara ini untuk beberapa kasus akan bekerja dengan sangat baik. Jika Anda belum belajar banyak tentang komposisi fotografi, komposisi adalah cara yang bagus untuk meningkatkan foto Anda menjadi sesuatu yang jauh lebih menyenangkan mata.

Belajar komposisi juga dapat melatih insting Anda untuk melihat objek dan dari sudut mana secara potensial harus diambil. Hasil akhirnya adalah bahwa Anda dan orang-orang yang akan melihat foto anda nantinya, dapat menangkap sesuatu yang lebih dari sekadar objek; foto anda akan mendorong orang yang melihatnya bebas mengeksplorasi foto itu sendiri.

Sebenarnya ada banyak unsur yang lebih mendasar dari komposisi untuk dipelajari, jika Anda baru terjun dalam dunia fotografi. Tapi tidak ada salahnya belajar komposisi foto sejak awal karena cara ini benar-benar akan membantu meningkatkan hasil jepretan Anda.

Steve McCurry dalam video di bawah ini akan berbagi beberapa Tips berkenaan dengan komposisi foto. Penjelasan dalam video yang diunggah oleh pemilik akun COOPH tersebut, sangat mudah untuk dipahami dan tentunya dapat langsung anda terapkan.