Kesultanan Palembang
Published :

K
esultanan Palembang bukanlah bagian dari Kerajaan Mataram (saat itu telah mengalahkan Kerajaan Sriwijaya) karena keberadaannya tidak berdasarkan runtuhnya kerajaan tersebut. Selain itu corak agama Kesultanan Palembang (Islam) berbeda dengan corak agama yang diusung Mataram (Hindu-Budha).

Seiring dengan masuknya agama Islam pada abad ke-15, satu persatu kerajaan di Indonesia mulai memeluk agama Islam. Salah satu kerajaan yang juga mendapat pengaruh dari masuknya agama Islam adalah Kerajaan Majapahit. Raja Majapahit, Prabu Brawijaya yang memiliki putra bungsu bernama Aria Damar dikirim ke Palembang untuk menjadi penguasa di sana.

Aria Damar (telah berganti nama menjadi Aria Dilah setelah memeluk Islam) menikah dengan saudara Demang yang bernama Putri Sandang Biduk, dan ia diangkat menjadi raja (1445-1486). Di saat pemerintahan tersebut, Aria Dilah dikirimi seorang putri Cina oleh ayahnya sebagai hadiah. Putri Cina tersebut adalah istri dari Prabu Brawijaya dan sedang mengandung, oleh ayahnya putri tersebut diamanatkan untuk menjaga dan merawatnya.