Candi Jago, Candi Peninggalan Singhasari di Jawa Timur
Published :

B
entuk arsitektur candi amat unik; badan candi disangga oleh tiga buah teras yang disusun seperti teras punden berundak yang dibangun di gunung-gunung. Bagian depan teras nampak sangat menjorok apabila dibandingkan dengan bagian badan candi. Dengan demikian kaki candi berteras-berundak, badan candi terletak di bagian paling belakang di teras tertinggi (teras ketiga).

Daerah Provinsi Jawa Timur menyimpan banyak benda-benda peninggalan masa lampau/prasejarah. Hal itu menandakan bahwa Indonesia memiliki banyak sekali peninggalan prasejarah di daerah-daerah di Indonesia. Salah satu cara untuk menjaga dan melestarikan peninggalan prasejarah adalah dengan mendokumentasikan peninggalan tersebut. Satu peninggalan prasejarah di Jawa Timur adalah Candi Jago.

Candi Jago berada di Desa Jago, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang. Awal mula candi ini dahulu bernama Jayaghu. Bangunan candi Jago berasal dari zaman majapahit akhir. Pada tahun 1272 Saka atau 1350 Masehi, candi Jago pernah diperbaiki oleh Adityawarman dan sesudah itu candi Jago banyak mengalami beberapa kali pemugaran pada kurun akhir majapahit yakni pada pertengahan abad ke 15.