Talempong Pacik, Alat Musik dari Minangkabau
Published :

Talempong merupakan istilah yang dikenal oleh masyarakat Minangkabau sebagai alat musik (gong kecil) dan atau musik talempong itu sendiri. Di setiap daerah di Sumatera Barat musik dan alat musik ini pernah hidup dan berfungsi di tengah-tengah masyarakat pendukungnya.

Talempong sebagai alat musik terbuat dari bahan logam. Biasanya terbuat dari kuningan, besi, atau tembaga, sehingga menghasilkan suara yang mendengung. Dengungan itu kemudian diharmonisasi dengan talempong bernada berbeda dan alat musik lain.
Talempong duduak dan talempong pacik merupakan dua genre musik talempong tradisional yang tumbuh dan berkembang hingga kini. Peristilahan ini bertujuan untuk membedakan kedua genre alat musik.

Meskipun pada kenyataannya kedua alat musik ini sering juga disebut dengan istilah talempong atau calempong saja oleh masyarakat pendukungnya. Dalam permainan yang disebut batalempong atau bacalempong. Talempong dibuat dengan cara dipatri oleh pandai besi hingga terbentuk sedemikian rupa, menyerupai gong dengan bentuk yang kecil.
Musik talempong pacik merupakan suatu jenis kesenian berbentuk ensemble talempong. Namanya juga ensemble pastinya musik ini dimainkan oleh sebuah kelompok. Konsep kelompok ini sangat penting dalam membangun harmonisasi dan sambung-menyambung nada atau interlocking.